Wed. Sep 25th, 2024

Berita olahraga dan game online Trans7sport

Link altenatif Nagaliga : nagasuara.com ,trans7sport.com , Prediksinagaliga.com , nagaliga.xyz , nagaliga.me , nagaliga.info , nagaligasbo.com , nagaliga.best , nagaliga.club , nagaliga9.com , nagaligaqq.com , togelnagaliga.com

Jokowi Singgung Jakarta Macet Sepanjang Hari, Heru Budi: Integrasikan MRT, Transjakarta dan LRT

Jokowi Singgung Jakarta Macet Sepanjang Hari, Heru Budi: Integrasikan MRT, Transjakarta dan LRT

TEMPO.CO, Jakarta – Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengakui bahwa kemacetan di Jakarta semakin parah, seperti yang diungkap oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Saat peresmian beroperasinya kereta api Trans Sulawesi rute Makassar-Barru, Jokowi menyatakan Jakarta terlambat membangun transportasi publik. Akibatnya, saat ini, kata Jokowi, Jakarta macet sepanjang hari. Dari pagi hingga malam, macet tak putus-putus.

“Iya, memang Jakarta mengalami kemacetan lalu lintas,” kata Heru Budi saat mendampingi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiminan dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, meresmikan pemasangan rel Kereta Api Cepat Jakarta Bandung (KCJB) dan Caroussel Test Proyek Light Rail Transit (LRT) Jabodetabek di Stasiun Halim Perdanakusumah, Jakarta, Jumat, 31 Maret 2023.

Untuk mengatasi kemacetan Jakarta, menurut Heru adalah dengan cara merealisasikan pembangunan MRT, Transjakarta dan LRT. Kemudian, tiga moda transportasi itu diintegrasikan untuk pelayanan transportasi publik.

“Jadi antarmoda dibangun agar bisa terintegrasi satu sama lain,” kata Heru Budi seperti dikutip dari siaran pers PPID Jakarta.

Dalam siaran pers itu dijelaskan bahwa Pemprov DKI Jakarta telah melakukan berbagai upaya untuk mengembangkan transportasi publik. Tidak hanya membangun, Pemprov DKI juga mengintegrasikan berbagai moda transportasi publik. Tujuannya, untuk memberikan kemudahan akses, sehingga semakin banyak masyarakat yang beralih menggunakan transportasi publik.

Jokowi mengeluhkan kemacetan di Jakarta terjadi sepanjang hari, dari pagi hingga malam hari. Hal ini karena Jakarta terlambat 30 tahun membangun transportasi publik.

Karena minimnya ketersediaan transportasi publik, orang-orang lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi. Meski saat ini sudah ada MRT, kata Jokowi namun baru satu jalur, demikian pula dengan LRT tapi saat ini belum beroperasional.

“Sehingga, Bapak-Ibu kalau di Jakarta pagi macet, siang macet, sore macet, malam macet sekarang ini, karena keterlambatan dalam membangun itu,” katanya saat meresmikan pengoperasian jalur kereta api Makassar-Parepare Antar Maros-Barru dan Depo Kereta Api Maros, Rabu, 29 Maret 2023

Namun menurut Jokowi, kemacetan saat ini tidak saja terjadi di Jakarta, tapi sudah menjalar ke kota-kota lain di Indonesia. Warga kota-kota besar lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi dari pada memanfaatkan transportasi publik.

“Semua berbondong-bondong menggunakan kendaraan pribadi akhirnya macet di semua kota sekarang ini, tidak hanya di Jakarta. Jakarta, Bandung, Medan, Surabaya, Semarang, di Makassar sudah macet semuanya,” kata Jokowi .

Menurut Jokowi kemacetan yang berlangsung di kota-kota besar itu karena kita terlambat dalam membangun transportasi publik, transportasi massal. “Padahal itu hal yang sangat basic untuk menghubungkan antarprovinsi, antarkota dan kabupaten,” kata Jokowi seperti dikutip dari laman Sekretariat Kabinet.

Leave a Reply

Categories

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.