Sun. Oct 6th, 2024

Berita olahraga dan game online Trans7sport

Link altenatif Nagaliga : nagasuara.com ,trans7sport.com , Prediksinagaliga.com , nagaliga.xyz , nagaliga.me , nagaliga.info , nagaligasbo.com , nagaliga.best , nagaliga.club , nagaliga9.com , nagaligaqq.com , togelnagaliga.com

Fakta-fakta Kebakaran Depo Pertamina Plumpang

Fakta-fakta Kebakaran Depo Pertamina Plumpang

TEMPO.CO, Jakarta – Jumat malam, 3 Maret 2023, api menjalar di tangki-tangki penyimpanan minyak di Depo Pertamina Plumpang Jakarta Utara. Kebakaran tersebut merembet ke permukiman warga Tanah Merah yang berada tak lebih dari 500 meter dari tempat kejadian. Kebakaran tersebut telah menyebabkan belasan orang meninggal dunia dan ratusan orang luka-luka.

Berikut adalah fakta-fakta kebakaran Depo Pertamina Plumpang hingga Ahad, 5 Maret 2023.

-19 orang meninggal, 49 orang luka-luka, dan 579 orang mengungsi

Korban jiwa akibat kebakaran Depo Pertamina Plumpang yang sebelumnya dilaporkan mencapai 17 orang, saat Ahad 5 Maret 2023, bertambah menjadi 19 orang. Keteranagn ini berdasarkan data yang tercatat di Koramil 01 Koja. Sementara itu, korban luka-luka mencapai 49 orang dan warga yang mengungsi saat ini mencapai 579 orang. Berikut korban meninggal dunia akibat kebakaran Depo Pertamina Plumpang, dari data Posko Koramil 01 Koja:

1. Syaiful Anwar (Laki-laki, 21 tahun)
2. Rospita (Perempuan, 45 tahun)
3. Iis Ernayati (Perempuan, 26 tahun)
4. Ilyas (Laki-laki, 4 tahun)
5. Siti Aminah (Perempuan, 40 tahun)
6. Hadi (Laki-laki, 30 tahun)
7. Rahmad Syukur (Laki-laki, 50 tahun)
8. Rohani (Perempuan, 40 tahun)
9. Naila (Perempuan, 20 tahun)
10. Sumila (Perempuan, 75 tahun)
11. Ayub (Laki-laki, 45 tahun)

12. Yumiyati (Perempuan, 18 tahun)
13. Hardiyansyah (Laki-laki)
14. Evelina (Perempuan,50 tahun)

15. Nursaini (Laki-laki)
16. Ardiansyah (Laki-laki, 50 tahun)
17. Seluwidawati (Perempuan)
18. Trish Rhea Aprilita (Perempuan/12 tahun)
19. Syarif Hidayatullah (Laki-laki)

-Dugaan awal kebakaran akibat gangguan teknis

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengungkapkan kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara awalnya disebabkan gangguan teknis.

“Sifatnya teknis. Sehingga nanti bisa kita jelaskan secara Scientific Crime Investigation tentang peristiwa yang sebenarnya. Khususnya terkait sumber api yang mengakibatkan terjadinya kebakaran,” kata Sigit di Depo Pertamina Plumpang, Sabtu.

Listyo menjelaskan insiden terjadi ketika sedang melakukan pengisian atau penerimaan minyak jenis Pertamax dari Balongan yang diterima di Depo Plumpang. Saat itu, terjadi gangguan teknis yang mengakibatkan tekanan berlebih kemudian setelah itu didapati terjadinya peristiwa terbakar.

-Kebakaran kedua kalinya di Depo Pertamina Plumpang

Sebelumnya, Depo Pertamina Plumpang pernah mengalami kebakaran hebat pada Minggu malam, 18 Januari 2009 silam. Kebakaran Depo Pertamina Plumpang 2009 itu disebabkan oleh faktor human error. Pertamina kala itu mengatakan bahwa kebakaran tersebut telah menyebabkan kerugian hingga sekitar Rp 17 miliar. Sementara itu, korban jiwa akibat insiden itu berjumlah satu orang, yakni petugas keamanan di fasilitas tersebut.

 

Leave a Reply

Categories

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.