Sat. Jul 6th, 2024

Berita olahraga dan game online Trans7sport

Link altenatif Nagaliga : nagasuara.com ,trans7sport.com , Prediksinagaliga.com , nagaliga.xyz , nagaliga.me , nagaliga.info , nagaligasbo.com , nagaliga.best , nagaliga.club , nagaliga9.com , nagaligaqq.com , togelnagaliga.com

Fakta Debt Collector Tangsel: Kronologi Penganiayaan hingga Geruduk Polres

Fakta Debt Collector Tangsel: Kronologi Penganiayaan hingga Geruduk Polres

TEMPO.CO, Jakarta – Dugaan penganiayaan seorang debt collector oleh oknum sebuah organisasi massa (ormas) di Tangerang Selatan atau Tangsel berbuntut panjang. Puluhan orang yang bekerja sebagai debt collector atau penagih hutang menggeruduk Mapolres Kota Tangerang Selatan pada Rabu malam hingga Kamis dini hari, 6 April 2023.

Kedatangan mereka untuk melaporkan sekelompok orang yang melakukan pengeroyokan terhadap BP, seorang debt collector yang tengah melakukan penarikan sebuah unit mobil. Berikut rangkuman faktanya yang dikumpulkan Tempo.

Kronologi

M Firdaus Oibowo, Ketua Umum Perkumpulan Perusahaan Jasa Penagihan Indonesia, menjelaskan peristiwa terjadi saat BP, salah seorang debt collector, melakukan kunjungan dan hendak melakukan penarikan unit kendaraan di rumah salah seorang debitur.

Namun, lanjut Firdaus, saat korban hendak membawa satu unit kendaraan roda empat milik seorang debitur, tiba-tiba datang oknum ormas melakukan pengejaran. Mereka, kata Firdaus, melakukan provokasi massa dan pemukulan terhadap BP secara membabibuta.

“Mereka melakukan penganiayaan bagai tragedi G30S, karena secara pribadi saja saya melihat ini orangtua ga usah lihat profesinya. Dia menganiaya sambil bicara rasis,” ujarnya.

Penganiayaan

Masih menurut Firdaus, saat itu oknum ormas yang diduga bernama Ali Jaber mencegat kendaraan yang dibawa BP. Saat itulah pengoroyokan dilakukan.

“Lalu si ormas bernama Ali Jaber oknum kemudian memalang mobil dan memprovokasi massa seakan terjadi perampokan. Akhirnya tim dari debt collector ini merasa terpojok dan dua orang yang ada di mobil operasional DC (debt collector) pergi dan tinggal satu orang yang membawa mobil yang diserahkan kepada debitur ini,” ujarnya.

Geruduk Mapolres Tangsel

Pasca-insiden tersebut, puluhan debt collector menduduki depan Mapolres Kota Tangsel. Kedatangan mereka untuk melaporkan sekelompok orang yang mengeroyok BP. Firdaus menyampaikan, insiden ini terjadi ketika seorang debitur diduga mengerahkan ormas agar menarik kembali kendaraan roda empat di wilayah Serpong, Tangsel.

Dia meminta agar polisi menangkap pelaku dalam waktu 24 jam. “Kalau polisi gagal 1×24 jam, besok malam jam 01.00 WIB tidak ada kepastian, besok kami akan turun kembali dengan jumlah debt collector yang lebih banyak,” kata dia pada Kamis, 6 April 2023.

Mediasi dengan Kapolda Metro Jaya

Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Karyoto turun tangan akibat puluhan penagih utang alias debt collector menyambangi Polres Tangerang Selatan untuk melaporkan dugaan kasus pengeroyokan.

Firdaus menyatakan, pihaknya telah duduk bersama Karyoto dan Kapolres Kota Tangerang Selatan membahas masalah ini.

“Setelah dilakukan mediasi oleh Kapolres dengan Kapolda tadi akhirnya pak Kapolda menyepakati debt collector akan bekerja sama dengan Polri,” kata dia pada Kamis, 6 April 2023.

Pasca mediasi dengan Kapolda Metro, menurut Firdaus, disepakati bahwa nantinya polisi akan terlibat ketika para debt collector tengah menagih utang. “Ketika DC (debt collector) melakukan kunjungan atau visit bisa melibatkan polisi yang ada di wilayah, seperti Polisi RW atau apa,” terang dia.

 

Leave a Reply

Categories

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.