Sat. Jul 6th, 2024

Berita olahraga dan game online Trans7sport

Link altenatif Nagaliga : nagasuara.com ,trans7sport.com , Prediksinagaliga.com , nagaliga.xyz , nagaliga.me , nagaliga.info , nagaligasbo.com , nagaliga.best , nagaliga.club , nagaliga9.com , nagaligaqq.com , togelnagaliga.com

Cerita Warga Pilih Berlibur ke Ancol, Tak Ikut Arus Mudik Lebaran 2023

Cerita Warga Pilih Berlibur ke Ancol, Tak Ikut Arus Mudik Lebaran 2023

TEMPO.CO, Jakarta – Pati memilih tidak mudik ke Kalimantan saat momen Hari Raya Idul Fitri tahun ini. Tak ada lagi keluarga yang bisa ditemui di Kalimantan mengingat orangtuanya sudah meninggal. Karena itulah, dia berlibur ke Ancol, Jakarta Utara di hari kedua Lebaran 2023.

“Di Kalimantan saya sudah tidak ada keluarga,” kata dia saat ditemui Tempo di Ancol, Minggu, 23 April 2023.

Warga Bogor itu menyebut sudah 20 tahun tak berkunjung ke kawasan Ancol. Banyak perbedaan yang dia rasakan. Misalnya, rute masuk yang lebih tertata dan adanya armada gratis bagi pengunjung untuk memudahkan mobilitas di Ancol.

Padahal, menurut dia, dulu dirinya harus jalan kaki jika ingin berpindah wahana di dalam tempat wisata tersebut. Terintegrasinya kereta rel listrik (KRL) Jabodetabek dengan bus Transjakarta juga memudahkan perjalanannya.

“Saya biasanya enggak pernah ke sini. Saya tahu biasanya hari kedua itu ramai, tapi kali ini saya sengaja datang pengin tahu ramai itu,” tuturnya.

Sementara itu, pengunjung lain bernama Agustin menyebut, rekreasi ke Ancol sudah menjadi agenda rutinnya setiap tahun. Sembari menemani anaknya mandi di pantai, dia menceritakan, keluarga kecilnya tak mudik ke Bogor karena keadaan. Silaturahmi dengan keluarga juga sudah berlangsung kemarin.

“Anaknya mintanya ke pantai, cuma kami enggak pulang ke Bogor, karena juga keadaan enggak memungkinkan,” ujar dia.

Untuk itu, Agustin bersama suami mengajak anak mereka main ke Ancol. Dia hanya perlu merogoh kocek Rp 90 ribu untuk tiga orang agar bisa berwisata ke pantai.

Selain karena murah, jarak domisilinya di Jatinegara, Jakarta Timur menuju Ancol juga dianggap dekat. Wanita berusia 34 tahun itu menilai lalu lintas dari Jatinegara ke Ancol lebih sepi dibanding hari biasanya.

“Saya dari Jatinegara naik motor. Lalu lintas sepi karena Lebaran kedua istilahnya sepi, enggak ramai kayak biasa, lebih enjoy,” ucapnya.

Bahkan, Agustin merasa, Ancol juga lebih sepi ketimbang Lebaran tahun lalu ketika pemerintah masih menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) demi mencegah penularan Covid-19.

Situasi Ancol di hari kedua Lebaran 2023 ini memang ramai pengunjung. Walau begitu, mobilitas pengunjung dengan bus wara wiri lebih cepat dibandingkan hari biasa.

Waktu tempuh dari Pantai Lagoon Ancol menuju Dunia Fantasi (Dufan) kira-kira sekitar 10-15 menit. Sementara di hari biasa mencapai 20 menit.

Hal ini terjadi karena manajemen Ancol Taman Impian memberlakukan sentral parkir untuk kendaraan roda empat dengan total daya tampung 6.300 mobil. Artinya, jalanan di dalam kawasan Ancol hanya bisa dilalui bus wara wiri.

Manajemen Ancol telah menyiapkan total 60 armada untuk mengangkut pengunjung. Meski demikian, dari pantauan Tempo, antrean pengunjung mengular di setiap halte bus wara wiri.

Leave a Reply

Categories

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.