Sat. Oct 5th, 2024

Berita olahraga dan game online Trans7sport

Link altenatif Nagaliga : nagasuara.com ,trans7sport.com , Prediksinagaliga.com , nagaliga.xyz , nagaliga.me , nagaliga.info , nagaligasbo.com , nagaliga.best , nagaliga.club , nagaliga9.com , nagaligaqq.com , togelnagaliga.com

500 Buruh FSPMI Depok akan ke Jakarta Peringati May Day 2023, Ini Aspirasinya

500 Buruh FSPMI Depok akan ke Jakarta Peringati May Day 2023, Ini Aspirasinya

TEMPO.CO, Depok – Ketua Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Kota Depok Wido Pratikno mengatakan, pihaknya akan mengerahkan 500 anggota untuk bergabung dalam peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day 2023 besok. Dia berujar FSPMI Kota Depok bakal berangkat ke Jakarta untuk menyampaikan aspirasi.

“Kami kumpul pukul 08.00 WIB dan berangkat sekitar pukul 09.00 WIB,” kata dia, Ahad, 30 April 2023.

Menurut Wido, para buruh akan berkumpul di depan PT. Sakti Jalan Raya Bogor Km 35 sebelum bertolak ke Jakarta. Sejumlah aspirasi mereka antara lain mendesak Undang-Undang Omnibus Law Cipta Kerja dicabut, mengesahkan UU Perlindungan Prakerja, dan memilih calon presiden yang pro buruh serta pekerja.

“Termasuk parliamentary threshold empat persen, jadi semua kandidat yang memiliki kualifikasi dapat mencalonkan diri tanpa harus ada syarat parliamentary threshold,” jelas dia.

Wido mengajak para buruh untuk terus berjuang memperjuangkan haknya memperoleh pekerjaan. Negara, tutur dia, wajib memberikan jaminan pekerjaan karena sudah menjadi amanah konstitusi.

Jika tidak, maka pemerintah harus memberikan jaminan pangan. “Karena itu jelas negara harus tanggung jawab terhadap rakyatnya, khususnya yang tidak punya pekerjaan,” ujarnya.

Tak hanya itu, perlu juga jaminan kesehatan, pendidikan, dan pensiun. Menurut Wido, tidak boleh ada lagi rakyat Indonesia berusia di atas 60 tahun berdagang keripik, pisang, atau menjadi loper koran dengan kondisi kesehatan yang kurang baik.

“Jelas-jelas itu tidak ada rasa keadilan dan kemanusiaan,” ucap dia.

Wido juga mengimbau kepada para pekerja dan buruh di Kota Depok untuk merayakan May Day dengan sukaria. Sebab, ada goresan sejarah perjuangan kaum buruh dalam peringatan May Day pada 1889. Jam kerja yang semula 12-15 jam berhasil dipangkas menjadi delapan jam.

Setelah perayaan May Day besok, FSPMI Kota Depok akan menggelar acara donor darah hingga kajian tentang otonomi daerah dan hubungannya dengan pengawasan ketenagakerjaan.

Leave a Reply

Categories

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.