Sat. Oct 5th, 2024

Berita olahraga dan game online Trans7sport

Link altenatif Nagaliga : nagasuara.com ,trans7sport.com , Prediksinagaliga.com , nagaliga.xyz , nagaliga.me , nagaliga.info , nagaligasbo.com , nagaliga.best , nagaliga.club , nagaliga9.com , nagaligaqq.com , togelnagaliga.com

Menjajal Toilet Umum Transparan Ala Jepang di Jantung Kota Jakarta

Menjajal Toilet Umum Transparan Ala Jepang di Jantung Kota Jakarta

TEMPO.CO, Jakarta – Sempat viral beberapa waktu yang lalu, di Jakarta ada model toilet umum mirip yang ada di Jepang. Terdengar tak biasa memang, keberadaan toilet umum itu sukses mencuri perhatian publik.

Model toilet unik nan canggih tersebut kini bisa kamu jumpai di dekat Stasiun BNI City, Jakarta Pusat.

Lokasinya berada Jalan Sudirman, persis di seberang pintu masuk Stasiun Sudirman. Sayangnya, lokasinya agak tersembunyi di dalam sehingga cukup sulit untuk ditemukan. Tempo berkesempatan menjajal toilet transparan tersebut pada Sabtu, 8 April 2023.

Saat tiba di lokasi, kamu akan menjumpai empat bilik toilet berwarna-warni dengan teknologi smart glass.

Abidin, staf cleaning yang kami temui di lokasi menjelaskan, toilet ini berada di bawah naungan Pemprov DKI Jakarta dan dipersembahkan oleh Jakarta Tourisindo atau Jakarta Experience Board (JXB). “Kami setiap harinya buka dari jam 06.00-15.00 setiap hari Senin sampai Kamis,” kata Abidin, Sabtu.

Sedangkan untuk hari Jumat hingga Minggu, toilet ini buka pukul 06.00 WIB hingga 22.00 WIB.

Untuk menggunakan toilet ini, masyarakat diharuskan membayar Rp5000 sekali masuk. Pembayarannya pun bisa secara tunai maupun dengan menggunakan scan barcode QRIS. Jika sudah membayar, maka palang besi akan otomatis terbuka.

Fasilitas Lengkap di Dalam Toilet

Terdapat empat bilik toilet berwarna biru, merah, dan kuning.

Abidin menjelaskan, pengunjung bebas memilih bilik warna manapun yang diinginkannya. Namun, untuk bilik warna kuning sendiri khusus disediakan bagi pengunjung disabilitas. “Toilet ini untuk umum, semua kalangan,” ujar Abidin.

Untuk pintu kaca toilet sendiri terbuat dari material yangtransparan, sehingga kamu bisa melihat kondisi di luar toilet melalui kaca. Namun, tidak perlu khawatir, karena setelah kamu mengunci pintunya dari dalam, kaca pun menjadi buram hingga tak terlihat apa-apa dari luar.

“Masuk, di dalam nanti dikunci. Nanti yang di luar enggak bisa lihat ke dalam, yang di dalam enggak bisa lihat ke luar,” jelasnya.

Saat memasuki toilet ini, kamu akan menjumpai fasilitas toilet yang terbilang cukup lengkap. Seperti kloset, pancuran yang bisa digunakan untuk mandi, tempat cuci muka, sabun cuci tangan, sabun mandi multifungsi yang bisa juga dipakai sebagai sampo, serta kipas penyaring udara.

Selain itu, ruangan berukuran sekitar dua kali dua meter tersebut juga sangat terjaga kebersihannya.

Sayangnya, karena lokasinya yang cukup tersembunyi serta tidak adanya penunjuk arah maka toilet unik masih terbilang sepi pengunjung. Nah, apakah kamu tertarik mencoba?

 

Leave a Reply

Categories

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.