Sun. Oct 6th, 2024

Berita olahraga dan game online Trans7sport

Link altenatif Nagaliga : nagasuara.com ,trans7sport.com , Prediksinagaliga.com , nagaliga.xyz , nagaliga.me , nagaliga.info , nagaligasbo.com , nagaliga.best , nagaliga.club , nagaliga9.com , nagaligaqq.com , togelnagaliga.com

Rapuhnya Ekonomi Sepak Bola, Keuangan Barcelona Mulai Limbung

BARCELONA – Agak mengejutkan ketika Barcelona dikabarkan akan melakukan pengetatan sebagai imbas ditundanya kompetisi karena pandemi Covid-19. Padahal, mereka adalah klub raksasa Primera Liga dan masuk daftar klub terkaya di dunia.

Inilah yang mungkin dikenal dengan istilah gelembung ekonomi di sepak bola. Meski memiliki pemasukan besar dari sisi penjualan hak siar, hadiah kompetisi di semua tingkatan, merchandise, penjualan tiket terusan dan harian, serta sponsor, realitasnya mereka tetap kesulitan menyeimbangkan keuangan.

Kabar tentang gelembung ekonomi sepak bola ini dipicu dengan belanja pemain yang gila-gilaan dan transfer yang mencapai angka triliunan. Di luar faktor inflasi setiap tahun, tapi agresivitas di bursa transfer membuat beberapa klub harus mengeluarkan dana besar untuk mendapatkan pemain yang diinginkan.
Kini, saat kompetisi ditunda, belum genap sebulan, klub mulai merasa limbung. Tudingan gelembung ekonomi sepak bola mulai mendapat pembenar. Ibarat gelembung, sedikit tekanan karena efek persebaran virus korona sudah membuat olahraga paling populer sejagat ini kelimpungan, termasuk tim seperti Barcelona. Petinggi Blaugrana sedang berdiskusi dengan para pemain senior klub mengenai kemungkinan pengurangan gaji para pemain. Dengan kompetisi yang sedang ditangguhkan, Barca mengaku tidak melihat kemampuan menutupi anggaran mereka yang melebihi 1 miliar euro.

Salah satu langkah yang dibahas pada rapat dewan pada Rabu (18/3) adalah membahas kemungkinan pemotongan upah sampai akhir musim. Akhir pekan lalu telah terjadi pembicaraan dengan beberapa pemain senior terkait kemungkinan tersebut.

Reaksi dari para pemain sudah positif. Tapi, saat ini tidak ada kesepakatan yang dapat dicapai tanpa mengetahui berapa lama kompetisi resmi akan ditangguhkan. Hingga saat ini Barca belum mempertimbangkan pemutusan kerja sementara.

Gaji menjadi salah satu beban terbesar Barca. Menurut Global Sports Salary Survey, Barca adalah tim pertama dalam sejarah yang memiliki gaji individu rata-rata lebih dari 11 juta euro per tahun. Gaji pemain tim pertama mendominasi lebih dari 70% dari upah klub.

Barca membayar berbagai tim olahraganya 642 juta euro dan 507 juta euro untuk para pesepak bola. Para pemain bergaji tinggi inilah yang ditargetkan klub untuk dipotong guna menutupi penurunan pendapatan yang tiba-tiba.

Imbas dari berhentinya kompetisi, Barca telah menutup toko resmi mereka, museum klub, akademi di seluruh dunia, dan Camp Nou. Karena itu, klub tidak mendapat uang dari tiket atau kotak VIP. Blaugrana sebenarnya telah menemukan sumber pendapatan penting dari departemen pemasaran karena penjualan kit meningkat secara online, tapi uang itu tidak cukup untuk menambah jumlahnya.

Leave a Reply

Categories

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.