Sat. Oct 5th, 2024

Berita olahraga dan game online Trans7sport

Link altenatif Nagaliga : nagasuara.com ,trans7sport.com , Prediksinagaliga.com , nagaliga.xyz , nagaliga.me , nagaliga.info , nagaligasbo.com , nagaliga.best , nagaliga.club , nagaliga9.com , nagaligaqq.com , togelnagaliga.com

Afghanistan Khawatir Ketegangan Meningkat Pasca Tewasnya Soleimani

KABUL – Afghanistan menyatakan keprihatinan atas kemungkinan peningkatan kekerasan di wilayah tersebut pasca serangan udara yang menewaskan Komandan Pasukan IRGC Iran, Letnan Jenderal Qassem Soleimani di sekitar bandara Baghdad. Karenanya, Afghanistan meminta Iran dan Amerika Serikat untuk mencegah meningkatnya eskalasi konflik.

“Hari ini, selama pembicaraan dengan Sekretaris Negara AS, saya sekali lagi menekankan bahwa tanah Afghanistan tidak boleh digunakan untuk melawan negara ketiga atau dalam konflik regional,” tweet Presiden Afghanistan, Ashraf Ghani pada Jumat (3/1) malam, setelah panggilan telepon dengan Mike Pompeo.

Seperti dilaporkan Al Jazeera, Kepala Eksekutif Afghanistan, Abdullah Abdullah mengatakan, ia berharap bahwa tak akan muncul dampak negatif terhadap Afghanistan pasca tewasnya Jenderal Soleimani. “Peristiwa baru-baru ini tidak akan berdampak negatif pada kerja sama antara teman-teman dan sekutu kita di Afghanistan,” katanya.

Mantan presiden Afganistan Hamid Karzai juga mengungkapkan pendapatnya lewat Twitter. Ia menyerukan ketenangan di antara kedua negara. “Iran dan Afghanistan, meskipun kehadiran militer AS di Afghanistan, telah mempertahankan hubungan ramah dan persaudaraan,” tulis Karzai pada hari Sabtu.

“Dalam menghadapi tantangan saat ini, kami berharap Iran akan melanjutkan pendekatan yang bijak dan bersahabat terhadap Afghanistan,” lanjutnya. Washington adalah sekutu strategis Afghanistan, dengan AS memiliki kehadiran militer di negara itu selama hampir dua dekade. Sementara Iran telah bertahun-tahun menampung jutaan pengungsi Afghanistan.

Leave a Reply

Categories

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.