Sun. Sep 29th, 2024

Berita olahraga dan game online Trans7sport

Link altenatif Nagaliga : nagasuara.com ,trans7sport.com , Prediksinagaliga.com , nagaliga.xyz , nagaliga.me , nagaliga.info , nagaligasbo.com , nagaliga.best , nagaliga.club , nagaliga9.com , nagaligaqq.com , togelnagaliga.com

NASA Siapkan Misi Mencari Planet yang Menyerupai Bumi

WASHINGTON – HabEx atau Habitable Exoplanet Observatory merupakan sebuah misi NASA dalam menemukan planet seperti bumi menggunakan teleskop raksasa dengan cermin lebih besar dari Hubble.

Selain itu, teleskop akan menggunakan teknik origami untuk menyebarkan Starshade, yaitu perlengkapan ruang angkasa yang revolusioner. Teleskop ini akan bekerja untuk menghalangi cahaya dari bintang induk yang membantu para astronom menemukan planet redup di orbitnya.

Scott Guadi, salah satu ketua dari proyek bersama tersebut mengatakan tujuan mereka terkait misi ini adalah untuk melihat apakah mereka dapat menemukan planet yang mirip dengan Bumi, yaitu planet yang dapat mendukung kehidupan.

“Sementara kami telah mengidentifikasi sejumlah planet di luar tata surya kita, sejauh ini, tidak ada yang secara meyakinkan terbukti memiliki unsur-unsur yang diperlukan untuk kelayak unian” lanjut Scott.

Melansir dari laman The Sun, Rabu (18/12/2019) untuk menemukan planet yang serupa dengan Bumi, teleskop akan membelokkan cahaya bintang ini menggunakan Starshade. Ini merupakan cakram berbentuk bunga besar yang berukuran 52 meter, yang akan masuk ke ruang angkasa, dan akan dilipat seperti origami menjadi spiral yang ketat.

Starshade kemudian akan terbuka setelah satelit mencapai orbitnya, dan kemudian terbang hampir 77.000 km dari teleskop. Itu akan menghalangi cahaya dari bintang-bintang, tetapi masih memungkinkan cahaya memantul dari planet lain untuk mencapai instrumen teleskop.

Selanjutnya, teleskop akan mencari bintang terdekat yang mirip dengan Matahari kita untuk melihat tanda-tanda planet yang memiliki air atau karbon dioksida. Ini adalah dua tanda kunci bahwa sebuah planet dapat dihuni.

Teleskop juga akan dilengkapi dengan kamera yang kuat yang dapat mengambil gambar dari sistem planet terdekat. NASA berharap misi itu akan berjalan antara lima hingga 10 tahun. Tetapi berita buruknya adalah, rencana NASA untuk menciptakan HabEx mungkin tidak berjalan mulus.

HabEx hanyalah salah satu dari empat konsep misi terpisah untuk menciptakan Observatorium Hebat baru untuk membantu memetakan ruang.

Survei Decadal federal Amerika akan membuat rekomendasi mengenai proyek, yang mana harus menerima pendanaan pada tahun 2021. Sekalipun proyek benar-benar maju, kecil kemungkinannya akan diluncurkan sampai tahun 2030-an.

Leave a Reply

Categories

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.