Wed. Sep 25th, 2024

Berita olahraga dan game online Trans7sport

Link altenatif Nagaliga : nagasuara.com ,trans7sport.com , Prediksinagaliga.com , nagaliga.xyz , nagaliga.me , nagaliga.info , nagaligasbo.com , nagaliga.best , nagaliga.club , nagaliga9.com , nagaligaqq.com , togelnagaliga.com

5 Fakta Bir Pletok, Minuman Hangat Simbol Kemewahan Betawi

Jakarta – Sering dianggap sebagai minuman yang memabukkan, bir pletok khas Betawi ini memiliki sederet fakta menarik. Mulai dari namanya hingga khasiatnya.

Bir pletok dikenal sebagai minuman tradisional khas Betawi yang bisa menghangatkan tubuh. Selain itu, bir pletok juga memiliki khasiat lainnya untuk kesehatan tubuh.

Bir pletok telah menjadi minuman yang wajib dihidangkan dalam acara-acara orang Betawi. Itu karena bir pletok melambangkan kemewahan dan kesuksesan dalam suatu acara Betawi.

Ternyata bir pletok bukan hanya sekadar minuman hangat dari Betawi saja. Minuman tersebut juga memiliki beberapa fakta menarik lainnya, seperti berikut ini.

1. Kenapa Disebut Bir?

Meskipun dinamakan ‘bir’ tetapi minuman bir pletok ini sama sekali tidak mengandung alkohol. Lantas kenapa disebut dengan kata ‘bir’? Penggunaan kata ‘bir’ itu memiliki cerita panjang. Banyak sumber yang mengatakan bahwa dulu masyarakat Betawi sering melihat orang-orang Belanda yang meminum minuman dingin dengan busa di atasnya.

Minuman tersebut dikenal dengan sebutan bir yang berfungsi untuk menghangatkan tubuh. Namun, bir yang diminum orang Belanda tersebut ada campuran alkoholnya. Melihat itu, masyarakat Betawi pun tertarik dan mencoba membuat bir dengan versinya sendiri tanpa campuran alkohol. Bir tersebut adalah bir pletok.

Dinamakan pletok karena pada proses pembuatannya, minuman tradisional dari Betawi dibuat dengan cara dikocok-kocok dalam tabung bambu. Saat dikocok itu minuman ini menghasilkan suara “pletak, pletok, pletak, pletok” karena di dalamnya ada campuran es batu.

2. Bahan-bahan Pembuatan Bir Pletok

Jika bir biasanya dibuat dengan alkohol, maka berbeda dengan bir pletok khas Betawi ini. Bir pletok diracik dengan campuran rempah-rempah yang lebih aman untuk kesehatan tubuh. Rempah-rempah tersebut ada mulai dari jahe, biji pala, lada, sereh, cengkeh, kapulaga, kayu manis, daun pandan, dan daun jeruk.

Semua bahan tersebut dicampur dengan cara direbus ke dalam air dan dipanaskan dalam api yang sedang. Selama direbus, campuran tersebut sambil diaduk dan tambahkan gula secukupnya. Untuk membuat warnanya menjadi kemerahan, tambahkan kayu secang ke dalam air rebusan tersebut. Semakin banyak kayu secang ditambahkan maka warnanya pun semakin merah.

Bir pletok dengan warna yang semakin merah sering disebut memiliki kualitas yang baik. Setelah mendidih, tutup panci dan diamkan selama 20-25 menit dalam keadaan kompor masih menyala. Proses ini berfungsi untuk menyempurnakan warna dan rasa. Selain itu juga bisa mengeluarkan sari-sari rempahnya sehingga rasanya lebih terasa.

3. Khasiat Bir Pletok

Selain rasanya yang enak, bir pletok juga dapat memberikan banyak manfaat dan khasiat untuk kesehatan tubuh. Itu karena bir pletok diracik dengan bahan-bahan yang menyehatkan seperti rempah-rempah. Salah satu khasiat bir pletok adalah untuk menghangatkan tubuh.

Karena itulah bir pletok biasa diminum saat cuaca dingin atau saat musim hujan tiba. Selain dapat menghangatkan tubuh, bir pletok juga bisa meningkatkan nafsu makan, meredakan nyeri lambung dan seni, mengobati masuk angin, menambah stamina, mengobati migrain hingga meredakan keram di tubuh.

Dari khasiat yang diberikan oleh bir pletok menjadikan minuman khas ini menjadi obat sejak turun temurun. Bahkan minuman ini telah menjadi minuman yang wajib disajikan oleh orang-orang Betawi. Bir pletok juga menjadi populer dan banyak dicoba banyak orang.

4. Penjual Bir Pletok

Mungkin agak sulit untuk menemukan bir pletok di jaman sekarang. Bir pletok biasanya dijual dan diproduksi oleh industri rumahan milik orang Betawi asli. Kebanyakan dari mereka ingin melestarikan minuman tradisional ini agar tidak cepat punah. Sehingga bisa terus dipertahankan oleh generasi selanjutnya.

Selain itu biasanya bir pletok juga selalu disajikan dalam acara festival kuliner Betawi. Bir pletok yang dijual disana dikemas dengan menggunakan botol yang terbuat dari kaca dalam ukuran yang berbeda-beda. Mulai dari botol ukuran kecil sampai dengan ukuran yang panjang. Atau juga banyak tersedia di tempat-tempat penjualan oleh-oleh.

Itu karena banyak orang Betawi yang menjadikan bir pletok sebagai buah tangan untuk diberikan kepada orang-orang terdekat. Meski tak banyak, sekarang juga masih ada warung-warung sederhana semacam angkringan yang menyajikan bir pletok dalam kemasan berupa gelas.

5. Bir Pletok Simbol Kemewahan

Wine atau bir yang biasa diminum oleh orang Belanda dianggap sebagai minuman yang mewah bagi mereka. Ternyata bir pletok juga merupakan simbol kemewahan bagi masyarakat Betawi. Bir pletok menjadi minuman yang wajib dihidangkan dalam acara-acara mulai dari pesta pernikahan, khitanan sampai dengan acara kematian.

Dihidangkannya bir pletok dalam acara pernikahan menunjukkan lambang kesuksesan di acara tersebut. Semakin banyak bir pletok di sajikan dalam acara pernikahan tersebut, maka semakin sukses acara pernikahan tersebut dikatakan sukses. Pernyataan tersebut sama seperti penyajian wine dalam acara-acara tertentu di Eropa.

Saking mewahnya bir pletok ini dianggap bahkan banyak orang Betawi yang mengatakan bahwa kalau tidak ada bir pletok dalam suatu pesta, tidak akan membuat makanan khas lainnya menjadi terlihat mewah.

Leave a Reply

Categories

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.