Sat. Sep 28th, 2024

Berita olahraga dan game online Trans7sport

Link altenatif Nagaliga : nagasuara.com ,trans7sport.com , Prediksinagaliga.com , nagaliga.xyz , nagaliga.me , nagaliga.info , nagaligasbo.com , nagaliga.best , nagaliga.club , nagaliga9.com , nagaligaqq.com , togelnagaliga.com

La Lembah Manah Lahir Jumat Wage, Begini Karakternya Menurut Ki Jogo Warto

JAKARTA – La Lembah Manah. Nama ini cepat tersiar. Ini nama bayi dari pasangan Gibran Rakabuming dan Novi Ananda, yang lahir pada Jumat (15/11/2019), pukul 15.46 WIB. Dia  berarti cucu Presiden Jokowi, yakni cucu yang ketiga.

Secara gamblang, Gibran sebagai ayah mengungkapkan, nama anaknya La Lembah Manah, La disebutkan sebagai singkatan loma anakku (berjiwa senang memberi). Lembah Manah yang merupakan bahasa Jawa dimaknai sebagai  rendah hati.

Pemerhati budaya Jawa, Ki Jogo Warto mengatakan, kata lembah manah dalam bahasa Jawa merupakan rangkaian kata yang sederhana, bukan kalimat yang muluk-muluk atau pun rumit.  Namun, juga tetap sebagai ungkapan yang penuh harapan orang tuanya.

“Orang Jawa kan menyebutnya, asmo kinaryo jopo, nama anak itu sebagai doa, orang tuanya mungkin menaruh harapan anaknya kelak jadi orang yang rendah hati,” ujarnya.

Menurut Ki Jogo, pemberian nama ini cukup menarik, kalau dikaitkan dengan Gibran yang merupakan anak dari Presiden, “Sehingga, nama ini menampakkan jiwa yang sederhana, dan khalayak menerima dengan kelegaan,” ujarnya.

Akan halnya kemudian dditambahkan menjadi La Lembah Manah, Ki Jogo merasakan aroma bahasa yang mengandung daya sastra, yang menurutnya sebagai purwakanthi yang enak dirasakan. Menurutnnya, purwakanthi adalah semacam rima, namun dalam bahasa Jawa biasanya lebih rinci.

“La Lembah Manah, terasa rimanya, La kemudian diikuti Le, berikutnya suara mbah, dan nah. Ini susunan purwakanthi yang mengesankan,” ujar Ki Jogo.

Soal nama ini, lanjut Ki Jogo, menjadi menarik lagi kalau dilihat dari makna weton cucu ketiga Jokowi tersebut. Lahir  pada 15 November 2019 pukul 15.46 dalam hitungan Jawa masih masuk dalam hitungan hari Jumat, dan pasarannya Wage. “Jadi wetonnya Jumat Wage,” ungkapnya.

Ki Jogo membeberkan, anak yang lahir pada Jumat Wage, memiliki sifat yang besar belas kasihnya kepada sesama, bahkan tersentuh dan menaruh iba. “Jadi, ya kalau nama  La yang dimaknai  loman anakku,  selaras dengan karakter ini,” kata Ki Jogo.

Juga diungkapkan, bagi yang lahir pada Jumat Wage, ada karakter yang jujur, setia, senang membantu orang lain. “Ada pula sifat yang terlihat, yakni tidak mau membesar-besarkan kemampuannya, padahal dia unggul. Ya begitulah, karakter rendah hati, lembah manah,” ungkap Ki Jogo.

Ia berharap, adanya sifat-sifat seperti ini diperhatikan, sebab perkembangan anak hingga dewasa juga diwarnai oleh ajaran-ajaran yang diterimanya, dan juga pengaruh lingkungan. Ki Jogo ikut berharap, semoga La Lembah Manah jadi anak seperti yang diharapkan orang tuanya.

Leave a Reply

Categories

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.