Sun. Oct 6th, 2024

Berita olahraga dan game online Trans7sport

Link altenatif Nagaliga : nagasuara.com ,trans7sport.com , Prediksinagaliga.com , nagaliga.xyz , nagaliga.me , nagaliga.info , nagaligasbo.com , nagaliga.best , nagaliga.club , nagaliga9.com , nagaligaqq.com , togelnagaliga.com

Demonstrasi di Irak Terus Makan Korban, PBB: Ini Harus Dihentikan

BAGHDAD – Aksi demonstrasi dengan kekerasan yang memakan korban jiwa di Irak terus mengundang keprihatinan sejumlah pihak. Kali ini datang dari seorang pejabat tinggi PBB.

Perwakilan khusus sekretaris jenderal PBB di Irak, Jeanine Hennis-Plasschaert, menyesalkan aksi demonstrasi dengan kekerasan yang terjadi dalam lima hari terakhir yang telah menewaskan hampir 100 orang di seluruh negera itu dan melukai ribuan orang.

“Lima hari kerja melaporkan kematian dan cedera; ini harus dihentikan,” kata Plasschaert dalam tweetnya seperti dikutip dari AFP, Minggu (6/10/2019).

Pejabat PBB itu mengaku sangat sedih dengan hilangnya nyawa para demonstran dan petugas kemananan.

“Saya meminta semua pihak untuk berhenti dan berefleksi. Mereka yang bertanggung jawab atas kekerasan harus dimintai pertanggungjawaban. Biarkan semangat persatuan berlaku di seluruh #Iraq,” katanya.

Menurut komisi hak asasi manusia parlemen Irak, 99 orang telah tewas dan hampir 4.000 terluka sejak aksi protes terhadap pengangguran dan kondisi kehidupan meletus pada Selasa lalu di Baghdad sebelum menyebar ke wilayah selatan negara itu.

Aksi protes atas pengangguran kronis dan layanan publik yang buruk yang dimulai Selasa telah meningkat menjadi gerakan yang lebih luas menuntut diakhirinya korupsi dan perubahan pemerintahan.

Aksi mereka sebagian besar spontan dan sebagian besar dipimpin oleh pemuda yang bersikeras gerakan mereka tidak terkait dengan partai atau lembaga agama mana pun.

Aksi protes ini telah menghadirkan tantangan terbesar kepada Perdana Menteri Irak Adel Abdel Mahdi, yang berkuasa setahun lalu sebagai calon konsensus yang menjanjikan reformasi.

Pada hari Jumat perdana menteri Irak meminta lebih banyak waktu untuk mengimplementasikan agenda reformasinya di negara yang hancur akibat konflik selama beberapa dekade.

“Tidak ada solusi ajaib,” katanya.

Namun permohonannya untuk bersabar tampaknya telah meremehkan intensitas kemarahan publik, dan beberapa tokoh top telah memberikan dukungan mereka di belakang para pengunjuk rasa.

Ulama Moqtada al-Sadr – yang kelompoknya terdiri dari 54 anggota parlemen dan terbesar di parlemen – meminta pemerintah untuk mengundurkan diri dan pemilihan umum diadakan di bawah pengawasan PBB.

Gerakan al-Sadr memiliki kekuatan dan organisasi untuk membawa banyak pendukung ke jalanan.

Sedangkan pemimpin spiritual Syiah Irak Grand Ayatollah Ali Sistani menggunakan khotbah Jumat mingguannya untuk mendesak pihak berwenang mengindahkan tuntutan demonstran, memperingatkan protes bisa meningkat kecuali langkah-langkah yang jelas diambil segera.

Sementara ketua parlemen Irak, Mohammed al-Halbusi, berjanji untuk mendorong reformasi atas pekerjaan dan kesejahteraan sosial. Ia mengatakan kepada pengunjuk rasa suara Anda sedang didengar.

Tetapi para pengunjuk rasa yang telah turun ke jalan selama lima hari terakhir telah menghina faksi politik yang ada di negara ini.

Leave a Reply

Categories

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.