Sun. Oct 6th, 2024

Berita olahraga dan game online Trans7sport

Link altenatif Nagaliga : nagasuara.com ,trans7sport.com , Prediksinagaliga.com , nagaliga.xyz , nagaliga.me , nagaliga.info , nagaligasbo.com , nagaliga.best , nagaliga.club , nagaliga9.com , nagaligaqq.com , togelnagaliga.com

Kasusnya Dihentikan, Hotman Paris dan LBH Sempat Beri Dukungan untuk TikToker Bima Yudho Saputro yang Kritik Lampung

Kasusnya Dihentikan, Hotman Paris dan LBH Sempat Beri Dukungan untuk TikToker Bima Yudho Saputro yang Kritik Lampung

TEMPO.CO, Jakarta – Polda Lampung menghentikan penyelidikan laporan terhadap tiktoker Bima yang mengkritik Pemerintah Provinsi Lampung. Penghentian kasus tersebut karena tidak menemukan unsur tindak pidana dalam unggahan tersebut.

“Iya benar dihentikan,” kata Kepala Bidang Humas Polda Lampung, Zahwani Pandra Arsyad saat dihubungi, Selasa, 18 April 2023.

Penghentian kasus ini diketahui diambil dalam forum gelar perkara yang dilakukan Polda Lampung. Di tahap penyelidikan, Polda Lampung telah meminta keterangan dari pihak terkait dan juga sejumlah saksi. Hasil permintaan keterangan itu kemudian dibawa ke dalam forum gelar perkara dan dinyatakan tidak ditemukan unsur pidana dari perbuatan Bima.

Sebelum kasusnya ditutup, Bima sempat mendapat dukungan dari berbagai pihak. Salah satunya datang dari pengacara kondang Hotman Paris dan LBH Bandar Lampung.

Hotman Paris beri dukungan

Pengacara, Hotman Paris memberikan dukungannya kepada Bima, pemilik akun TikTok Awbimax Reborn yang menjadi sorotan karena kontennya mengkritik Pemerintah Lampung. Bima yang merupakan mahasiswa di Australia ini mengaku keluarganya di Lampung mendapat ancaman setelah video berjudul Alasan Lampung Gak Maju-Maju miliknya viral.

“Halo Bima, anak Lampung. Banyak benar orang DM dan WA saya, ada apa sih Bima? Masalah apa dengan Bupati? DM saya, terangin kasusmu,” kata Hotman Paris dalam video yang diunggah di Instagram pada Jumat, 14 April 2023.

Hotman Paris dengan terbuka akan membantu Bima jika mengalami masalah. Ia berpesan kepada Bima agar tidak perlu takut dengan orang-orang yang ingin menjatuhkannya.

“Bima, DM saya kalau ada masalah. Jangan takut! Hidup hanya sekali, nyali. Liat tuh musuh-musuh gue. Gue tenang, gue senyum, gue lawan pelan-pelan. Jangan pernah mulai nyinyir. Kalau boleh, lawan semua dengan prestasi,” kata Hotman.

Melihat video Hotman Paris tersebut, Bima mengucapkan terima kasih. “Terima kasih untuk dukungannya!” tulis Bima dalam Bahasa Inggris di Instagram Story.

Sebelum dari Hotman Paris, Bima memang mendapat banyak dukungan dari netizen terutama masyarakat Lampung yang setuju dengan kritikannya. Tagar #standwithbima di Twitter juga ramai digunakan netizen hingga viral, sebagai bentuk dukungan kepada Bima.

LBH Bandar Lampung siap dampingi Bima

Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Bandar Lampung juga menyatakan siap mendampingi Tiktokers Bima yang diadukan oleh seorang advokat bernama Gindha Ansori Wayka ke polisi. Bima diadukan setelah dirinya mengkritik Pemerintah Provinsi Lampung lewat unggahannya di media sosial TikTok.

“LBH Bandarlampung menyatakan siap menjadi pendamping hukum untuk Bima,” ujar Direktur LBH Bandar Lampung Sumaindra Jarwadi dalam keterangan tertulisnya, Ahad, 16 April 2022.

Sumaindra menyatakan bahwa apa yang dilakukan oleh Bima Yudho merupakan bentuk dari kebebasan berpendapat dan berekspresi. Karena itu, dia menilai pengaduan terhadap Yudho sebagai bentuk pelanggaran atas hak tersebut.

“Negara wajib untuk memenuhi dan melindungi hak tersebut,” kata dia.

Menurutnya, kebebasan itu tercantum dalam Pasal 28 dan Pasal 28E ayat (3) Undang Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945 yang menyatakan setiap orang berhak atas kebebasan berserikat, berkumpul, dan mengeluarkan pendapat.

Selain itu, jaminan kebebasan berkumpul dan berpendapat juga termaktub dalam Undang-Undang No. 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia serta Konvensi Internasional tentang Hak-Hak Sipil dan Politik (International Covenant on Civil and Political Rights).

Sebelumnya, Bima Yudho Sapturo yang tinggal di Australia merilis video berdurasi 3 menit 28 detik di akun media sosial TikTok miliknya @awbimaxreborn. Ia menyampaikan kekecewaannya terhadap kondisi di Lampung yang menurutnya tidak mengalami kemajuan. Mulai persoalan infrastruktur seperti jalan yang rusak hingga kecurangan dalam sistem pendidikan.

Seorang advokat bernama  Gindha Ansori Wayka kemudian mengadukan Bima Yudho Saputro ke Polda Lampung terkait pelanggaran UU ITE. Pemuda asal Lampung Timur itu dituding menyebarkan berita bohong.

Leave a Reply

Categories

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.