Sat. Oct 5th, 2024

Berita olahraga dan game online Trans7sport

Link altenatif Nagaliga : nagasuara.com ,trans7sport.com , Prediksinagaliga.com , nagaliga.xyz , nagaliga.me , nagaliga.info , nagaligasbo.com , nagaliga.best , nagaliga.club , nagaliga9.com , nagaligaqq.com , togelnagaliga.com

Kuasa Hukum Susi Air: Harga Pesawat yang Dibakar USD 2 Juta dan Tidak Lagi Diproduksi

Kuasa Hukum Susi Air: Harga Pesawat yang Dibakar USD 2 Juta dan Tidak Lagi Diproduksi

TEMPO.CO, Jakarta – Kuasa hukum maskapai penerbangan PT ASI Pudjiastuti Aviation atau Susi Air, Donal Fariz, menyebut harga pesawat yang dibakar kelompok bersenjata di Papua adalah 2 juta US$ atau sekitar Rp 30,4 miliar.

Hal ini diungkap Donal, sapaannya, saat ditanya perihal kerugian materiil Susi Air atas insiden pembakaran pesawat dan penculikan pilotnya.

“Pesawat yang dibakar, nilai harga pesawat itu saja 2 juta US$ dan tidak lagi diproduksi,” kata Donal dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu, 1 Maret 2023.

Untuk diketahui, jenis pesawat Susi Air yang dibakar adalah Pilatus PC-6 Turbo Porter. Selain kerugian pesawat, dia menyebut Susi Air masih menanggung kerugian lain seperti penerbangan yang tertunda.

“Yang jelas satu frekuensi penerbangan itu nilai subsidi pemerintah lebih kurang Rp 14 juta-an satu flight per hour,” ujar Donal.

Dia melanjutkan, insiden itu juga membuat beberapa wilayah menjadi zona merah yang tidak bisa dimasuki pesawat komersil.

Misal, wilayah Paro yang menjadi tempat pembakaran pesawat Susi Air oleh Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka atau TPNPB-OPM.

“Hampir 40 persen penerbangan di Papua secara umum itu menjadi batal dan tidak bisa beroperasi,” kata Donal.

Dia mengatakan, secara khusus, 70 persen penerbangan Porter Susi Air menjadi terganggu. Makanya, kata dia, Susi Air terus berkoordinasi dengan pemerintah, khususnya Direktorat Angkutan Udara Kementerian Perhubungan.

 

Leave a Reply

Categories

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.