Sun. Oct 6th, 2024

Berita olahraga dan game online Trans7sport

Link altenatif Nagaliga : nagasuara.com ,trans7sport.com , Prediksinagaliga.com , nagaliga.xyz , nagaliga.me , nagaliga.info , nagaligasbo.com , nagaliga.best , nagaliga.club , nagaliga9.com , nagaligaqq.com , togelnagaliga.com

PKS Sebut Andika Perkasa Masuk Bahasan Tim Kecil sebagai Cawapres Anies Baswedan

PKS Sebut Andika Perkasa Masuk Bahasan Tim Kecil sebagai Cawapres Anies Baswedan

TEMPO.COJakarta – Nama Jenderal Andika Perkasa mencuat sebagai calon wakil presiden Anies Baswedan usai menuntaskan masa jabatannya sebagai Panglima TNI. Juru Bicara PKS Pipin Sopian mengamini jika nama Andika memang dibahas di tim kecil Koalisi Perubahan.

“Iya (Andika dibahas). Tapi memang tim kecil Demokrat membawa Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), PKS bawa Ahmad Heryawan. Kita bahas dua. Pak Anies tentu akan lihat rekomendasi PKS dan Partai Demokrat,” kata Pipin di kawasan Jakarta, Jumat, 24 Desember 2022.

Kendati demikian, Pipin menyebut bahwa cawapres Anies Baswedan mesti mendapatkan persetujuan dari ketiga partai. Menurut dia, pendamping Anies harus punya chemistry untuk menghindari konflik di tengah jalan.

“Itu harus dapat persetujuan ketiga partai. Kita bahas apakah lebih baik dan punya chemistry. Karena kita nggak mau di tengah ada konflik capres cawapres,” ujarnya.

Wakil Sekretaris Jenderal Partai NasDem Hermawi Taslim mengatakan Jenderal Andika Perkasa merupakan sosok tokoh nasional yang potensial. Menurut dia, Andika sukses membina karir militer sampai ke puncak dengan menjadi Panglima TNI.

Dia menjelaskan, Andika juga punya banyak kesamaan dengan NasDem. Misalnya, berpandangan nasionalis dan pro-pluralisme. Kesamaan inilah yang membuat Partai NasDem dekat dengan Andika.

“Dekat dengan NasDem karena sama-sama berpandangan nasionalis, berwawasan ke-Indonesiaan, dan sama-sama pro pluralisme,” kata Hermawi saat dihubungi, Kamis, 22 Desember 2022.

Hermawi mengatakan Andika merupakan salah satu nama yang bakal dibahas di meja Koalisi Perubahan. “Nanti di rundingan dengan partai koalisi, salah satunya ya Andika,” kata dia.

Hermawi menyebut NasDem juga bakal berupaya mengajak semua potensi bangsa untuk berjuang bersama di jalur politik, termasuk Andika Perkasa. “Beliau potensial sebagai tokoh bangsa. Dan NasDem akan berusaha mengajak semua potensi bangsa untuk ikut membangun politik Indonesia yang semakin sehat dan maju,” ujarnya.

Demokrat Ingin Anies-AHY

Juru Bicara DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra menyatakan belum pernah mendengar nama Panglima TNI dibahas di Koalisi Perubahan sebagai cawapres. Dia menyebut koalisi ini masih berfokus membahas kriteria capres cawapres.

“Sejauh ini, kami belum mendengar nama mantan Panglima TNI dibahas di Koalisi Perubahan sebagai cawapres. Untuk urusan capres-cawapres Koalisi Perubahan, kami saat ini masih fokus kepada kriteria,” kata Herzaky dalam keterangannya, Kamis, 22 Desember 2022.

Kendati demikian, Herzaky menyebut partainya menghormati jika NasDem dan PKS mengusulkan nama cawapres. Toh soal kriteria maupun sosok cawapres, Herzaky hakulyakin calon mitra koalisinya bakal mengedepankan prinsip realistis dan rasional.

Dia menjelaskan, prinsip realistis adalah upaya mengusung salah satu pemimpin dari ketiga partai untuk menyolidkan kerja-kerja pemenangan. Apalagi, kata dia, masing-masing partai punya kader utama.

“Ini juga sejalan dengan misi penguatan partai politik, di mana kader utama partai seyogyanya memiliki semacam “privilege” untuk maju mencalonkan diri sebagai capres atau cawapres,” kata dia.

Adapun prinsip rasional, kata Herzaky, adalah pembentukan koalisi yang ditujukan untuk mencapai kemenangan, alih-alih sekadar meramaikan kontestasi Pemilihan Presiden 2024. Oleh sebab itu, dia menilai kriteria terpenting salah satunya elektabilitas, baik elektabilitas personal maupun elektabilitas saat simulasi berpasangan.

“Sekali lagi kita ingin menang, dan itu artinya gelombang aspirasi dan dukungan rakyat terhadap pasangan capres-cawapres yang terpotret melalui survei, harus menjadi faktor rujukan,” ujarnya.

Menurut Herzaky, pasangan Anies Baswedan dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY selalu berada di papan atas capres dan cawapres. Apalagi ketika dipasangkan, kata dia, Anies-AHY selalu jadi yang tertinggi dan hampir selalu menang melawan siapapun.

Di sisi lain, Herzaky mengatakan konstituen Partai Demokrat menginginkan Anies-AHY. Pasangan ini disebut Herzaky juga memenuhi kriteria yang disusun oleh partai berlambang bintang mercy ini.

“Memang, dari lima kriteria capres-cawapres yang kami susun, Mas Anies dan Mas AHY masuk dalam kriteria itu. Punya integritas, kapabilitas, elektabilitas tinggi, chemistry, dan sama-sama tokoh representasi perubahan dan perbaikan, bukan status quo,” ujarnya.

 

Leave a Reply

Categories

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.