Sat. Oct 5th, 2024

Berita olahraga dan game online Trans7sport

Link altenatif Nagaliga : nagasuara.com ,trans7sport.com , Prediksinagaliga.com , nagaliga.xyz , nagaliga.me , nagaliga.info , nagaligasbo.com , nagaliga.best , nagaliga.club , nagaliga9.com , nagaligaqq.com , togelnagaliga.com

Volodymyr Zelensky Isyaratkan Absen KTT G20 Bali: Rakyat Butuh Saya

Jakarta – Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengisyaratkan untuk tidak hadir di KTT G20 di Bali pada akhir November 2022. Ia mengatakan, kondisinya tergantung dengan situasi perang yang terjadi di Ukraina.

Zelensky mengatakan, dia tidak bisa meninggalkan Ukraina ke mana-mana di tengah invasi Rusia. “Saya tetap bersama rakyat saya, mereka membutuhkan saya. Dan saya membutuhkan mereka di sini,” kata Zelensky saat bergabung secara virtual di forum publik yang digelar oleh Foreign Policy Community of Indonesia atau FPCI, Jumat, 27 Mei 2022

“Jadi jika perang tidak berlanjut, dengan senang hati saya akan bergabung, jika masih ada perang, saya bisa mengikutinya secara online, jika pemimpin anda bisa menerimanya,” kata Zelensky.

Presiden RI Joko Widodo telah mengundang Zelensky ke forum ekonomi dunia itu. Hal tersebut terungkap setelah keduanya bertelepon pada 26 April 2022. Indonesia menjadi tuan rumah G20 tahun ini.

Perang di Ukraina memang telah menyebabkan dinamika di forum G20. Negara-negara Barat mengusulkan presidensi untuk tidak mengundang Presiden Rusia Vladimir Putin ke Bali karena invasinya ke Ukraina.

Ukraina bukanlah anggota G20. Negara-negara Barat menyarankan presidensi untuk mengundang Ukraina seandainya Rusia tetap diundang.

Indonesia sebagai ketua masih memutuskan untuk mengundang Putin ke KTT G20 dengan alasan preseden prosedural forum. Berdasarkan rencana awal, Putin sendiri disebut ingin hadir ke KTT Bali.

Rusia mengirim puluhan ribu tentara ke Ukraina pada 24 Februari.

Tentara Ukraina melakukan perlawanan keras. Negara-negara Barat juga membantu dengan memberlakukan sanksi besar-besaran terhadap Rusia untuk memaksa Moskow menarik pasukannya.

Sudah lebih dari tiga bulan, invasi itu mengakibatkan banyaknya korban warga sipil. Jutaan warga Ukraina mengungsi keluar dari negaranya.

Dampak ekonomi seperti ketersediaan energi dan krisis pangan juga menjadi ancaman dewasa ini. Perang, sejauh ini masih berlangsung di wilayah timur Ukraina.

Zelensky mengatakan situasi global saat ini memang menantang. Dia berharap KTT G20 Bali bisa membantu menyelesaikan krisis dunia seperti energi dan pangan.

Leave a Reply

Categories

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.