Sun. Oct 6th, 2024

Berita olahraga dan game online Trans7sport

Link altenatif Nagaliga : nagasuara.com ,trans7sport.com , Prediksinagaliga.com , nagaliga.xyz , nagaliga.me , nagaliga.info , nagaligasbo.com , nagaliga.best , nagaliga.club , nagaliga9.com , nagaligaqq.com , togelnagaliga.com

Maia Estianty Kena GERD, Simak Makanan dan Minuman yang Bisa Memicu Kondisi Ini

Musisi Maia Estianty sempat dilarikan ke rumah sakit karena terkena GERD pada Jumat (25/3/2022). Dalam unggahan Instagram, ia menyebut baru kali pertama mengalami penyakit GERD.

Ia pun dilarikan ke IGD tengah malam diantar putra bungsunya, Dul Jaelani.

“Mamaknya tumbang, dianter ke IGD ama anak bontot tengah malem… So sweet….. @duljaelani … Love you…Pertama kali kena GERD… ampun deh.. sakitnya…,” ujarnya dalam caption Instagram.

Makanan dan minuman tertentu dapat memicu gejala GERD

Dikutip dari Medical News Today, ketika seseorang menelan, makanan akan melewati pipa makanan ke perut. Cincin jaringan otot yang disebut sfingter esofagus bagian bawah berkontraksi setelah membiarkan makanan masuk ke perut. Ini mencegah makanan kembali ke pipa makanan.

Tapi sfingter esofagus tidak menutup dengan benar, isi lambung bisa bocor kembali ke pipa makanan, yang kemudian menyebabkan GERD.

Karena GERD adalah gangguan pencernaan, sehingga pola makan sering kali dapat memengaruhi gejala kondisi ini. Sehingga membuat perubahan pola makan dan gaya hidup dapat membantu.

ilustrasi kopi menandung kafein (Unsplash)

Makanan yang dapat memperburuk gejala GERD atau refluks esofagitis meliputi:

  • Daging, yang cenderung tinggi kolesterol dan asam lemak
  • Minyak dan makanan berlemak tinggi, yang dapat menyebabkan sfingter di perut menjadi rileks
  • Asupan garam dalam jumlah tinggi
  • Makanan kaya kalsium, seperti susu dan keju, yang merupakan sumber lemak jenuh

Selain itu, ada makanan tambahan yang sering menyebabkan GERD kambuh. Dokter sering menyarankan agar orang dengan kondisi ini menghindarinya. Ini termasuk:

  • Cokelat
  • Kafein
  • Minuman berkarbonasi
  • Minuman asam, seperti jus jeruk dan kopi
  • Makanan asam, termasuk saus tomat

Meskipun ada sedikit bukti klinis yang menghubungkan makanan ini dengan gejala GERD, pengalaman anekdot dari beberapa orang dengan kondisi tersebut menunjukkan bahwa makanan ini dapat memperburuk gejala.

Leave a Reply

Categories

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.