Sat. Oct 5th, 2024

Berita olahraga dan game online Trans7sport

Link altenatif Nagaliga : nagasuara.com ,trans7sport.com , Prediksinagaliga.com , nagaliga.xyz , nagaliga.me , nagaliga.info , nagaligasbo.com , nagaliga.best , nagaliga.club , nagaliga9.com , nagaligaqq.com , togelnagaliga.com

AS Resmi Tunjuk Qatar sebagai Sekutu Utama Non-NATO

Amerika Serikat (AS) secara resmi telah menunjuk Qatar sebagai sekutu utama non-NATO.

Itu menjadi sebuah langkah yang dapat meningkatkan kemitraan antara Doha dan Washington serta memberi negara Teluk itu hak istimewa ekonomi dan militer khusus dalam hubungannya dengan AS.

Dikutip dari Al Jazeera, Presiden AS, Joe Biden mengeluarkan deklarasi presiden yang secara resmi mengumumkan perubahan pada Kamis (10/3/2022) sore, beberapa minggu setelah janji yang dia buat kepada Emir Qatar, Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani di Gedung Putih pada akhir Januari.

Biden mengatakan, menunjuk Qatar sebagai sekutu utama non-NATO AS bertujuan “untuk mencerminkan pentingnya hubungan kita; Saya pikir itu sudah lama tertunda”.

Qatar kini menjadi negara ketiga di kawasan Teluk setelah Kuwait dan Bahrain yang menjadi sekutu utama AS non-NATO.

Departemen Luar Negeri AS mengatakan di situs webnya bahwa penunjukan itu “merupakan simbol kuat dari hubungan dekat yang dimiliki Amerika Serikat dengan negara-negara itu dan menunjukkan rasa hormat kami yang mendalam atas persahabatan bagi negara-negara yang diperluas”.

AS dan Qatar telah memiliki hubungan dekat selama bertahun-tahun, berkolaborasi dalam sejumlah masalah, termasuk evakuasi pengungsi Afghanistan setelah pengambilalihan negara oleh Taliban pada Agustus, lalu.

Deklarasi pada Kamis datang di tengah kekhawatiran global atas pasokan energi dan melonjaknya harga bahan bakar yang disebabkan oleh invasi berkelanjutan Rusia ke Ukraina.

Di tengah serangkaian sanksi terhadap Moskow, pemerintahan Biden pekan ini memberlakukan larangan semua impor minyak dan gas Rusia.

Uni Eropa, yang bergantung pada Rusia untuk sebagian besar gas alamnya, juga berjanji untuk secara dramatis mengurangi ketergantungan blok itu pada Moskow pada akhir tahun.

Diketahui, Qatar adalah salah satu produsen gas alam cair (LNG) terbesar.

Leave a Reply

Categories

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.