Sat. Oct 5th, 2024

Berita olahraga dan game online Trans7sport

Link altenatif Nagaliga : nagasuara.com ,trans7sport.com , Prediksinagaliga.com , nagaliga.xyz , nagaliga.me , nagaliga.info , nagaligasbo.com , nagaliga.best , nagaliga.club , nagaliga9.com , nagaligaqq.com , togelnagaliga.com

UOB Proyeksi Cadangan Devisa Indonesia Kembali Meningkat di 2022

JAKARTA. Bank Indonesia (BI) mencatat, posisi cadangan devisa Indonesia pada akhir Desember 2021 sebesar US$ 144,9 miliar, atau turun 0,69% dari bulan sebelumnya yang sebesar US$ 145,9 miliar.

Setelah mengalami penurunan pada akhir tahun 2021, Ekonom Bank UOB Enrico Tanuwidjaja melihat adanya potensi peningkatan cadangan devisa pada tahun 2022.

Potensi ini seiring dengan percepatan program vaksinasi Covid-19 dan pemulihan ekonomi global yang bisa menjadi faktor pendorong cadangan devisa menggendut.

“Ini mendukung aliran masuk modal asing, peningkatan ekspor, serta pendapatan devisa lainnya,” ujar Enrico dalam laporan yang diterima Kontan.co.id, seperti dikutip Minggu (9/1).

Enrico juga yakin, BI selaku otoritas moneter tetap memiliki kuda-kuda kuat untuk menjaga cadangan devisa, ditopang dengan stabilitas dan prospek ekonomi domestik yang solid.

Dalam hal ini, BI dan pemerintah sudah memiliki kebijakan yang responsif untuk mendukung pemulihan ekonomi jangka panjang.

Hanya saja, Enrico tak menampik adanya potensi penurunan cadangan devisa juga di tahun ini. Risiko ini seiring dengan masih adanya ketidakpastian global karena perkembangan varian baru Covid-19, yaitu Omicron.

Selain itu, bank sentral Amerika Serikat (AS) masih melanjutkan mengurangi penambahan likuiditas (tapering off) yang menghambat aliran modal asing masuk ke pasar keuangan negara berkembang, termasuk Indonesia.

Leave a Reply

Categories

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.