Sat. Oct 5th, 2024

Berita olahraga dan game online Trans7sport

Link altenatif Nagaliga : nagasuara.com ,trans7sport.com , Prediksinagaliga.com , nagaliga.xyz , nagaliga.me , nagaliga.info , nagaligasbo.com , nagaliga.best , nagaliga.club , nagaliga9.com , nagaligaqq.com , togelnagaliga.com

Jurnalis Hong Kong Ditangkapi Polisi, Portal Independen Citizen News Tutup

Jakarta – Situs berita independen Hong Kong Citizen News akan ditutup pada hari Selasa, 4 Januari 2022. Penutupan media ini disebabkan memburuknya lingkungan media di Hong Kong dan kebutuhan untuk melindungi stafnya.

Citizen News adalah outlet berita independen terbesar yang tersisa di Hong Kong. Sebelumnya dua media besar juga ditutup yaitu Apple Daily pada Juni dan Stand News Rabu lalu.

Pengumuman itu diunggah di akun Citizen News di Facebook. Keputusan itu dibuat untuk melindungi keselamatan semua orang yang terlibat.

“Sayangnya perubahan besar dalam masyarakat dua tahun terakhir dan lingkungan media yang memburuk, telah membuat kita tidak mungkin mewujudkan misi tanpa khawatir,” tulis Citizen News.

“Di tengah badai yang sedang terjadi, kami menemukan diri kami dalam situasi kritis. Dalam menghadapi krisis, kami harus memastikan keselamatan dan kesejahteraan semua orang yang ada di dalam pesawat,” katanya.

Citizen News didirikan pada 2017 oleh sejumlah reporter veteran Hong Kong. Dana operasional Citizen News didukung sepenuhnya oleh crowdfunding.

Dalam pernyataannya, Citizen News mengungkapkan situs webnya akan berhenti beroperasi mulai Selasa. Media ini akan dihapus setelah jangka waktu tertentu.

Stand News ditutup setelah polisi menggerebek kantornya pada hari Rabu. Polisi menangkap tujuh orang yang terkait dengan publikasi tersebut dan membekukan aset perusahaan senilai sekitar 61 juta dolar Hong Kong (US$ 7,8 juta).

Dalam pemberitahuan awal pemerintah, Stand News disebut menerbitkan publikasi yang menghasut. Penangkapan ketujuh orang itu juga lantara penerbitan beberapa artikel yang menghasut antara Juli 2020 dan November 2021.

Penangkapan tersebut termasuk bintang pop Denise Ho dan Margaret Ng, mantan anggota parlemen pro-demokrasi dan pengacara terkemuka. Keduanya adalah mantan anggota dewan direksi di outlet berita. Selain itu mantan pemimpin redaksi Stand News Chung Pui-kuen dan penjabat pemimpin redaksi Patrick Lam juga ditangkap, menurut Asosiasi Jurnalis Hong Kong (HKJA).

Pemimpin Redaksi Stand News Hong Kong Carrie Lam menampik penangkapan itu tidak berhubungan dengan tulisan mereka. “Ini murni pekerjaan penegakan hukum. Ini tidak ada hubungannya dengan pekerjaan jurnalistik atau media,” kata Lam, Kamis.

Sejak China memberlakukan undang-undang keamanan nasional di Hong Kong pada 2020, kelompok-kelompok pro-demokrasi telah dibubarkan. Aktivis dan jurnalis juga telah ditangkap dan sejumlah outlet media independen telah ditutup.

Musim panas lalu, Apple Daily, media pro-demokrasi terbesar di Hong Kong, ditutup. Beberapa beberapa jurnalisnya ditangap dan aset jutaan dolar dibekukan di bawah undang-undang keamanan nasional.

Leave a Reply

Categories

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.